Profile

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto adalah seorang tokoh politik dan mantan perwira militer Indonesia. Prabowo Subianto lahir di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1951. Ia merupakan anak ketiga dan putra pertama dari Soemitro Djojohadikusumo yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah dan ibunya Dora Marie Sigar, yang lebih dikenal sebagai Dora Soemitro, berdarah Minahasa, Sulawesi Utara.

Ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikusumo  merupakan seorang pakar ekonomi dan politisi yang menjabat Menteri Perindustrian di Kabinet Natsir; pada April 1952, tak lama setelah kelahiran Prabowo. Selanjutnya Soemitro diangkat kembali sebagai Menteri Keuangan pada Kabinet Wilopo. 

Prabowo Subianto memiliki dua orang kakak perempuan, Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati; dan seorang adik lelaki, Hashim Djojohadikusumo. Prabowo merupakan cucu dari Margono Djojohadikusumo yaitu seorang pendiri Bank Negara Indonesia dan juga sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Agung yang pertama.

Keluarga Djojohadikusumo merupakan keturunan dari Raden Tumenggung Kertanegara, yang merupakan panglima laskar Pangeran Diponegoro. Nama Prabowo sendiri merupakan nama yang diambil dari pamannya, Kapten Soebianto Djojohadikusumo, yang merupakan seorang perwira Tentara Keamanan Rakyat yang telah gugur pada Pertempuran Lengkong pada Januari tahun 1964 di Tangerang.

Karir Prabowo Subianto dimulai setelah ia menyelesaikan pendidikan militer di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) dan kemudian melanjutkan pendidikan di luar negeri, termasuk di Amerika Serikat dan Inggris. Prabowo dikenal sebagai perwira yang memiliki pengalaman di bidang militer dan pernah menjabat sebagai komandan pasukan elit Kopassus di Indonesia.

Setelah pensiun dari militer, Prabowo memasuki dunia politik. Beliau mendirikan partai politik Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada tahun 2008 dan menjadi ketua umum partai tersebut. Prabowo mencalonkan diri sebagai calon presiden dalam dua pemilihan presiden, yaitu pada tahun 2014 dan 2019.

Meskipun tidak berhasil memenangkan pemilihan presiden kala itu, Prabowo Subianto tetap menjadi figur penting dalam politik Indonesia. Ia merupakan sosok pemersatu anak bangsa yang ia tunjukan dengan sikap dan karakter pantang menyerah, gigih dan bekerja tanpa pamrih. 

Dengan sikap dan keteladan tersebut, Prabowo Subianto kemudian mendapatkan tugas negara sebagai Menteri Pertahanan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo pada tahun 2019. Menurut Presiden Jokowi, Prabowo dipilih sebagai Menteri Pertahanan karena ingin membangun bangsa ini dengan semangat gotong royong “memang pengalaman beliau besar di situ,” kata Jokowi saat itu.

Tanda Jasa Prabowo

Sepanjang karir di dunia militer, kepemimpinan Prabowo Subianto tak diragukan lagi. 28 tahun berkarir bersama TNI, prestasi demi prestasi telah ia gapai hingga membuat Prabowo Subianto menjadi salah satu prajurit paling legendaris. Beberapa contoh yang patut kita catat seperti perjuangan pasukan Prabowo dalam menangkap Presiden Fretilin, mencapai puncak everest, membebaskan sandera di belantara Papua. 

Prabowo pun dikenal sebagai penembak terbaik di TNI. Selain itu, ia merupakan salah satu pendiri satuan anti teror Detasemen 81 Kopassus bersama Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. yang kini juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Selain dunia militer, Prabowo Subianto juga dikenal menggerakan dunia olahraga khususnya pencak silat. Prabowo Subianto merupakan ketua umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) masa bhakti 2016 – 2020 dan kemudian masa bhakti 2021 – 2025. Prabowo memiliki komitmen untuk memajukan pencak silat melalui berbagai pendidikan, pelatihan, dan fasilitas lainnya, bahkan rumah pribadinya di Hambalang, Bogor menjadi pelatnas silat. 

Dalam kepemimpinan Prabowo, tim pencak silat berhasil menyumbangkan 14 emas, dan 1 perunggu di ajang ASIAN Games 2018 lalu. Prabowo terus berkomitmen untuk mengangkat olahraga pencak silat di kancah dunia. Untuk terus memasyarakatkan olahraga pencak silat, Prabowo juga menjadi Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat). Kini, pencak silat sudah menjadi cabang olahraga di 66 negara. 

Dari perjalanan karir Prabowo Subianto, ia telah menerima tanda jasa, antara lain:

  • Bintang Kartika Eka Paksi Naraya
  • Bintang Yudha Dharma Naraya
  • Satya Lencana Kesetiaan XVI 
  • Satya Lencana Seroja Ulangan III
  • Satya Lencana Raksaka Dharma
  • Satya Lencana Dwija Sistha
  • Satya Lencana Wira Karya
  • Paladin Medal of Honor (Kamboja)
  • Commandeur de l’Ordre National du Merite (Perancis)
#

Semeton Prabowo

Semeton Prabowo merupakan kelompok gerakan relawan yang berkomitmen untuk pemenangan Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia 2024 – 2029. Digerakan oleh kalangan aktivis, tokoh masyarakat, seniman, profesional, dan tentu saja Rakyat Indonesia.

Kata Semeton diambil dari bahasa Bali yang artinya Saudara/ Sahabat. Selanjutnya Prabowo merupakan sapaan dari Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto. Jadi Semeton Prabowo merupakan gerakan bersama dari para sahabat, saudara, relawan para pendukung Prabowo Subianto untuk Presiden Republik Indonesia 2024 – 2029. #

Scroll to Top