Prabowo Dorong Perdagangan Bebas dan Adil

Semeton Prabowo – Calon presiden (Capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menyampaikan soal dirinya yang mendorong perdagangan bebas, namun tetap mengedepankan asas fair trade atau perdagangan yang adil.

“Kita ingin free trade, iya. Tapi we want not only free trade, we want fair trade. Kita minta perdagangan yang adil,” ujar Prabowo di CSIS, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Prabowo mengatakan Indonesia telah membuka pasar Indonesia untuk produk asing. Namun, kata dia, negara lain juga harus membuka pasarnya untuk produk Indonesia.

“Kita buka pasar kita untuk produk-produk negara mereka. Mereka juga harus buka dong, masa mereka tidak izinkan pisang kita bisa dijual di pasar mereka. Teh kopi, cokelat, kelapa sawit kita,” sebutnya.

Prabowo tidak ingin Indonesia hanya menjual barang mentah ke luar negeri. Tetapi Indonesia, kata Prabowo, juga harus bisa membuat produk sendiri.

“Kita mengatakan bahwa kita mempunyai sikap sendiri. Saya kira itu, dan kita tidak mau kita hanya jual barang mentah, kita mau rakyat kita bisa bikin mobil, bisa bikin produk-produk industri, saya kira anda dengar tadi kan yang saya sampaikan,” ucapnya. (NS)

Komentar

Scroll to Top