Hasil Survey Terbaru Sebut Elektabilitas Prabowo Semakin Kuat

Semeton Prabowo – Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden masih lebih kuat dan ta tergoyahkan dibandingkan dengan calon presiden lainnya.

Dalam hasil survei Indonesia Polling Stations (IPS) Prabowo mengalami peningkatan dari hasil survei sebelumnya. Dalam hasil survei IPS terbaru yakni periode 5-15 September 2023, Prabowo mendapat elektabilitas sebesar 40,8 persen.

Prabowo berhasil mengalahkan capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo yang mendapat 35,6 persen. Sedangakn Anies Baswedan tetap berada di posisi ketiga dengan perolehan suara sebesar 20,2 persen.

Dengan hasil tersebut, Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto mengatakan Prabowo akan dengan mudah lolos ke putaran kedua.

“Dengan hasil seperti ini maka jika Pilpres dilaksanakan saat ini akan berlangsung dua putaran. Prabowo dan Ganjar maju ke putaran kedua, sedangkan Anies tereliminasi,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (22/9/2023).

Ketum Partai Gerindra tersebut dinilai mengalami peningkatan yang cukup signifikasi dibanding hasil survei IPS pada bulan Februari kemarin. Dalam hasil survei yang dilakukan pada 15-24 Februari 2023 kemarin Prabowo tetap menang, namun tidak sesignifikan saat ini.

Saat itu, Prabowo hanya mendapat 33,2 persen. Sedangkan Ganjar mendapat 22,1 persen, kemudian Anies Baswedan yang berada di posisi ketiga dengan 20,9 persen.

Alfin mengatakan, sejak bulan Februari Prabowo memang sudah menjadi kandidat terkuat di antara dua capres lainnya. Hal itu semakin memperkuat potensi Prabowo dalam memenangkan Pilpres 2024 nanti.

“Hasil survei IPS kali ini menegaskan bahwa Prabowo Subianto tetap leading atas semua kompetitornya,” ujar Alfin.

Selain itu, dalam hasil survei Indonesia Research & Consulting Prabowo juga mengalami peningkatan. Dalam survei periode 11-17 September 2023, Prabowo mendapat dukungan sebesar 38,8 persen.

Sedangkan Ganjar berada di posisi kedua dengan perolehan 32,1 persen. Kemudian Anies berada di posisi ketiga dengan suara 20,2 persen.

Dalam survei tersebut, Prabowo sebelumnya kalah dari Ganjar pada periode Januari 2023. Hasil survei menunjukan Ganjar berada di posisi pertama dengan 24,2 persen, sedangkan Prabowo berada di posisi kedua dengan 20,1 perse.

Sedangkan Anies tetap berada di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 18,3 persen. (NS)

1 thought on “Hasil Survey Terbaru Sebut Elektabilitas Prabowo Semakin Kuat”

  1. Pingback: Head to Head Survei IPI, Prabowo Ungguli Ganjar 13,7%

Komentar

Scroll to Top