karikatur bacapres RI

Elektabilitas Prabowo Unggul di 3 Provinsi Besar di Indonesia

Semeton Prabowo – Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo unggul di 3 dari lima provinsi besar. Hasil tersebut Berdasarkan sigi Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA, yang menyebut elektabilitas Prabowo Subianto unggul di tiga provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menjelaskan survei ini dilakukan pada periode 4-12 September 2023.

“Prabowo unggul di tiga provinsi, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten,” kata dia, Rabu, 4 Oktober 2023.

Adjie juga menjelaskan bahwa Prabowo mendapatkan suara tertinggi dibanding bakal capres PDIP Ganjar Pranowo maupun capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

Dalam survei tersebut, di Jawa Barat Prabowo mendapat dukungan 37,6 persen. Sedangkan Ganjar sebanyak 26,7 persen dan Anies hanya meraup elektabilitas sebesar 23,3 persen.

Dukungan untuk Prabowo dengan jumlah tertinggi juga didapat di Jawa Timur yaitu sebesar 44,2 persen. Angka ini lebih tinggi dari elektabilitas Ganjar yang berada di peringkat dua dengan 41,5 persen dan Anies Baswedan hanya mampu meraup dukungan sebesar 11,5 persen.

Keunggulan Prabowo juga didapat di Banten yaitu sebesar 51,3 persen. Cukup jauh dibanding calon yang lainnya. Di provinsi ini, Anies menempati peringkat kedua dengan 30,0 persen suara dan Ganjar di peringkat ketiga dengan hanya mengumpulkan 13,3 persen.

Sigi yang dilakukan oleh LSI Denny JA ini menggunakan metodologi multistage random sampling dengan teknik wawancara tatap muka dengan kuesioner.

Pengambilan sampel dilakukan terhadap 1.200 responden dengan toleransi atau batas kesalahan (“margin of error”) sekitar 2,9 persen.

Dalam survei ini ditemukan adanya konstituen PKB yang cenderung lebih memilih calon presiden Prabowo Subianto ketimbang Anies Baswedan. Padahal Anies telah berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam Koalisi Perubahan.

Berdasarkan survei LSI Denny JA itu sebanyak 41,4 persen konstituen PKB cenderung pilih Prabowo.

“Pemilih PKB yang koalisinya memilih pasangan Anies dan Cak Imin, namun konstituennya pemilih PKB itu lebih banyak memilih Prabowo dibanding Ganjar maupun Anies Baswedan,” ujar Adjie.

Menanggapi hasil survei itu, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan bersyukur ketika hal itu terjadi.

“Alhamdulillah, kalau itu terjadi wasyukrulillah,” kata Muzani di kompleks parlemen, Selasa, 3 Oktober 2023. (NS)

Komentar

Scroll to Top